Langsung ke konten utama

karakter muslim

Al-Qur’an serta Hadits yaitu dua pusaka Rasulullah SAW yang perlu senantiasa dirujuk tiap-tiap muslim dalam semua segi kehidupan. Satu dari demikian segi kehidupan yang begitu utama yaitu pembentukan serta pengembangan pribadi muslim.

Pribadi muslim yang diinginkan Al-Qur’an serta sunnah yaitu pribadi yang saleh. Pribadi yang sikap, perkataan serta perbuatannya terwarnai oleh nilai-nilai yang datang dari ALLAH SWT.

Persepsi atau deskripsi orang-orang mengenai pribadi muslim memanglah tidak sama. Bahkan juga banyak yang pemahamannya sempit hingga seakan-akan pribadi muslim itu tercermin pada orang yang cuma rajin menggerakkan Islam dari segi ubudiyah-nya saja.
Walau sebenarnya, itu hanya satu diantara segi saja serta ada banyak segi lain yang perlu menempel pada pribadi seseorang muslim. Apabila disederhanakan, sekurang-kurangnya ada sepuluh ciri-ciri atau ciri khas yang harus menempel pada pribadi muslim.


baca selengkapnya 10 karakter muslim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Luar Biasa Surah Al-Ikhlas

Khasiat Luar Biasa Surah Al-Ikhlas. Surah Al-Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah) yaitu surah ke-112 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surah Makkiyah , terdiri atas 4 ayat dan pokok isinya yaitu menegaskan keesaan Tuhan sembari menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya.

Dalam beberapa hadits dikatakan bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa pahala membaca sekali surah Al-Ikhlas sama dengan membaca sepertiga Al-Qur'an sehingga membaca 3 kali surah ini sama dengan mengkhatam Al-Qur'an.


Penawar Penyakit Apabila kita membaca Surah Al-Ikhlas sebanyak 3 kali selepas sholat Fardu , maka secara tidak langsung kita telah mengobati diri kita sendiri. Daripada Abu Hurairah ; Rasulullah SAW bersabda : “Surah Al-Ikhlas yaitu penawar segala penyakit (Rohani / Jasmani).”HR. Ibnu Majah r.a.

Terhindar Dari Kesulitan Apabila dibaca 3 surah Al-Ikhlas , Al-falaq dan An-Nas pagi dan petang niscaya tidak mengalami kesusahan. Bacalah surah Al-Ikhlas 3 kali sebelum terbit matahari dan 3 ka…

Kisah Kecerdasan Imam Syafi’i Dari Segi Ilmu Pengetahuan

Kisah Kecerdasan Imam Syafi’i Dari Segi Ilmu Pengetahuan. Para ulama yang iri terhadap Imam Syafi’i membuat kesepakatan di antara mereka untuk menunjukkan pertanyaan-pertanyaan yang rumit dalam bentuk teka-teki. Dengan Maksud untuk menguji kecerdasan dia , seberapa mendalam dan seberapa matang ilmu dia di hadapan Khalifah Harun ar-Rasyid yang sangat kagum dengan dia dan sering memuji beliau.

Setelah tamat membuat pertanyaan , mereka menawarkan kepada khalifah untuk ikut hadir dalam diskusi dan mendengarkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dijawab oleh Imam Syafi’i radhiyallahu ‘anhu dengan penuh kecerdasan dan kefasihan.

Berikut iadalah pertanyaan dan jawabannya


Jawab : Sesungguhnya laki-laki tersebut orang musyrik. Dia menyembelih kambaing atas nama berhala , lalu dia keluar dari rumahnya untuk suatu keperluan , dan ternyata Tuhan SWT memberi hidayah kepadanya untuk memeluk agama Islam , sehingga dia masuk Islam. Maka , kambing tersebut haram baginya. Ketika keluarganya mengetahui bah…

Kisah Lengkap Nabi Syu’aib AS

Kisah Lengkap Nabi Syu’aib AS. Nabi Syu’aib ‘alaihissalam tinggal di kota Madyan yang terletak di Yordania. Ketika itu , masyarakatnya kafir kepada Yang Mahakuasa dan melakukan berbagai kemaksiatan , ibarat membajak dan merampas harta manusia. Selain itu Mereka juga menyembah pohon lebat yang disebut dengan Aikah.

Mereka bertingkahlaku buruk dengan insan , menipu dalam melakukan jual beli dan mengurangi takaran dan timbangan. Maka Pada Saat itu Yang Mahakuasa mengutus kepada mereka seorang Nabi dari kalangan mereka bernama Nabi Syu’aib ‘alaihissalam. Beliau mengajak mereka beribadah kepada Yang Mahakuasa dan tidak berbuat syirik , melarang mereka mengurangi takaran dan timbangan serta melarang melakukan pembajakan , dan melarang berbuat buruk lainnya.

Nabi Syu’ab ‘alaihissalam berkata kepada mereka ,
“Wahai kaumku! Sembahlah Yang Mahakuasa , sekali-kali tidak ada Tuhan yang berhak disembah bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang faktual dari Tuhanmu. Maka sem…