Langsung ke konten utama

Kisah Lengkap Nabi Syu’aib AS

Kisah Lengkap Nabi Syu’aib AS. Nabi Syu’aib ‘alaihissalam tinggal di kota Madyan yang terletak di Yordania. Ketika itu , masyarakatnya kafir kepada Yang Mahakuasa dan melakukan berbagai kemaksiatan , ibarat membajak dan merampas harta manusia. Selain itu Mereka juga menyembah pohon lebat yang disebut dengan Aikah.

Mereka bertingkahlaku buruk dengan insan , menipu dalam melakukan jual beli dan mengurangi takaran dan timbangan. Maka Pada Saat itu Yang Mahakuasa mengutus kepada mereka seorang Nabi dari kalangan mereka bernama Nabi Syu’aib ‘alaihissalam. Beliau mengajak mereka beribadah kepada Yang Mahakuasa dan tidak berbuat syirik , melarang mereka mengurangi takaran dan timbangan serta melarang melakukan pembajakan , dan melarang berbuat buruk lainnya.

Nabi Syu’ab ‘alaihissalam berkata kepada mereka ,
“Wahai kaumku! Sembahlah Yang Mahakuasa , sekali-kali tidak ada Tuhan yang berhak disembah bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang faktual dari Tuhanmu. Maka sempurnakanlah takaran dan timbangan dan janganlah kau kurangkan bagi insan barang-barang takaran dan timbangannya , dan janganlah kau berbuat kerusakan di muka bumi setelah Yang Mahakuasa memperbaikinya. Yang demikian itu lebih baik bagimu bila kau betul-betul orang-orang yang beriman. Dan janganlah kau duduk di setiap jalan dengan menakut-nakuti dan menghalang-halangi orang yang beriman dari jalan Yang Mahakuasa , dan menginginkan supaya jalan Yang Mahakuasa itu menjadi bengkok…dst.” (QS. Al A’raaf: 85).

Demikianlah , Nabi Syu’aib ‘alaihissalam terus berdakwah kepada kaumnya dan mengambarkan kebenaran kepada mereka , akan tetapi yang beriman hanya sedikit saja , sedangkan sebagian besar mereka kafir. Walaupun begitu , beliau tidak berputus asa terhadap penolakan mereka , bahkan tetap sabar mendakwahi mereka dan mengingatkan mereka nikmat-nikmat Yang Mahakuasa yang tidak terhingga. Akan tetapi kaumnya tetap tidak menerima hikmah dan dakwahnya , bahkan mereka berkata kepada Nabi Syu’aib sambil mengolok-olok ,

“Wahai Syu’aib! Apakah shalatmu menyuruh kau supaya kami meninggalkan apa yang disembah oleh bapak-bapak kami atau melarang kami berbuat apa yang kami kehendaki wacana harta kami. Sesungguhnya kau ialah orang yang sangat penyantun lagi berakal.” (QS. Huud: 87)
Kemudian Nabi Syu’aib membantah mereka dengan kalimat yang halus sambil mengajak mereka kepada yang haq ,
“Wahai kaumku! Bagaimana pendapatmu bila gue mempunyai bukti yang faktual dari Tuhanku dan dianugerahiNya gue dari rezeki yang baik (patutkah gue menyalahi perintahNya) Dan gue tidak berkehendak menyalahi kau (dengan mengerjakan) apa yang gue larang. Aku tidak bermaksud kecuali (mendatangkan) perbaikan selama gue masih sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepada Yang Mahakuasa gue bertawakkal dan hanya kepadaNyalah gue kembali.” (QS. Huud: 88).
Seperti itulah Nabi Syu’aib ‘alaihissalam , Beliau berdakwah dengan argumentasi yang kuat , sehingga Beliau disebut Khathibul Anbiya’ (Ahli Pidato dari kalangan para nabi). Selanjutnya , Beliau berkata kepada mereka menakut-nakuti mereka dengan adzab Yang Mahakuasa dan mengajak mereka kembali kepada Yang Mahakuasa ,
“Wahai kaumku , janganlah pertentangan antara gue (dengan kamu) menimbulkan kau menjadi jahat hingga kau ditimpa adzab ibarat yang menimpa kaum Nuh atau kaum Hud atau kaum Saleh , sedang kaum Luth tidak (pula) jauh (zaman dan tempatnya) dari kamu. Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” (QS. Huud: 89-90)
Maka mereka mengancam akan menghukum Beliau , mereka berkata ,
“Wahai Syu’aib! Kami tidak banyak mengerti wacana apa yang kau katakan itu dan bahwasanya kami benar-benar melihat kau seorang yang lemah di antara kami; jikalau tidak alasannya keluargamu tentulah kami telah merajam kau , sedang kau pun bukanlah seorang yang kuat di sisi kami.” (QS. Huud: 91)
Syu’aib menjawab ,
“Wahai kaumku , apakah keluargaku lebih terhormat menurut pandanganmu daripada Yang Mahakuasa , sedang Yang Mahakuasa kau jadikan di belakang (tidak dipedulikan)? Sesungguhnya (pengetahuan) Tuhanku meliputi apa yang kau kerjakan.” (QS. Huud: 91)
Selanjutnya , Nabi Syu’aib menakut-nakuti mereka dengan adzab Yang Mahakuasa bila mereka tetap di atas kesesatan dan kemaksiatan mereka , tetapi kaumnya malah menjawab ancaman itu dengan mengancam Beliau dan menunjukkan pilihan , “Mengikuti agama mereka atau pergi meninggalkan kota mereka bersama orang-orang yang beriman yang mengikutinya.”

Namun Nabi Syu’aib dan orang-orang yang beriman bersamanya tetap teguh di atas keimanan mereka dan menyerahkan urusan mereka kepada Allah. Maka kaumnya menuduh Beliau sebagai pesihir dan pendusta (QS. Asy Syu’araa: 185-186) dan mengolok-olok adzab yang beliau ancamkan , bahkan meminta disegerakan adzab. Para pemuka mereka juga berkata kepada yang lain , “Sesungguhnya bila kau mengikuti Syu’aib , tentu kau menjadi orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raaf: 90)

Hingga kesannya Nabi Syu’aib ‘alaihissalam berdoa kepada Tuhannya ,
“Ya Tuhan Kami , berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (adil) dan Engkaulah pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.” (QS. Al A’raaf: 89).
Maka Yang Mahakuasa Subhanahu wa Ta’ala menyuruh Nabi syu’aib ‘alaihissalam supaya keluar dari kota itu bersama orang-orang yang beriman alasannya adzab akan turun menimpa kaumnya , selanjutnya Yang Mahakuasa mengirimkan kepada mereka cuaca yang begitu panas yang membuat tanaman kering , sumur kering , dan susu hewan habis , maka orang-orang pun keluar mencari kesejukan , lalu mereka menemukan awan hitam yang sebelumnya mereka kira sebagai hujan dan rahmat , sehingga mereka berkumpul di bawahnya , kemudian ditimpakan kepada mereka bunga api yang membakar dan api yang bergejolak sehingga membakar mereka semua , bumi pun berguncang dan mereka ditimpa suara yang mengguntur yang mencabut nyawa mereka sehingga mereka menjadi jasad-jasad yang mati bergelimpangan.

Setelah kejadian itu , Nabi Syu’aib meninggalkan mereka sambil berkata ,
“Wahai kaumku! Sesungguhnya gue telah menunjukkan kepadamu amanat-amanat Tuhanku dan gue telah memberi hikmah kepadamu. Maka bagaimana gue akan bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir?”.
Demikianlah , Yang Mahakuasa Subhanahu wa Ta’ala mengirimkan kepada mereka berbagai bentuk adzab dan petaka alasannya sifat dan perbuatan mereka yang buruk. Yang Mahakuasa timpakan kepada mereka gempa bumi sebagai tanggapan alasannya mereka mengancam akan mengusir Nabi Syu’aib dan para pengikutnya (QS. Al A’raaf: 91).

Dia juga menimpakan suara yang mengguntur sebagai tanggapan atas olok-olokkan mereka kepada Nabi mereka (QS. Huud: 87). Dan Dia juga menimpakan kepada mereka naungan awan yang daripadanya keluar bunga api sebagai tanggapan atas permintaan mereka untuk ditimpakan adzab berupa gumpalan dari langit (QS. Asy Syu’aaraa’: 187-188).

Yang Mahakuasa menyelamatkan Nabi Syu’aib ‘alaihissalam dan orang-orang yang beriman bersamanya , Dia berfirman , “Dan ketika datang adzab Kami , Kami selamatkan Syu’aib dan orang-orang yang beriman bersamanya dengan rahmat dari Kami , dan orang-orang yang zalim dibinasakan oleh satu suara yang mengguntur , lalu jadilah mereka mati bergelimpangan di rumahnya.–Seolah-olah mereka belum pernah berdiam di daerah itu. Ingatlah , kebinasaanlah bagi penduduk Madyan sebagaimana kaum Tsamud telah binasa.” (QS. Huud: 94-95).

Dikutip dari berbagai sumber

Sumber https://cintasunnahku.blogspot.co.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah rahasia Terbesar Untuk Mengobati Penyakit

Inilah rahasia Terbesar Untuk Mengobati Penyakit . Nah Sungguh sangat tidak menyenangkan sekali jika tubuh kita diserang penyakit... Islam yaitu agama yang mengajarkan perihal hidup sehat selain itu juga mengajarkan perihal cara mengobati penyakit . nah berikut ini yaitu beberapa cara yang dapat dilakukukan jika anda terserang penyakit : Shalat 2 Rakaat Apabila anda sakit sebaiknya lakukanlah solat dua rakaat , dan memohon kesehatan kepada Allah. Insyaa Tuhan sembuh dengan izin dan kasih sayangNya. Ruqiah Diri sendiri Ada dapat membacakan surah Al Fatihah / surat-surat lain , kemudian tiupkan pada air dan minum. Dan niatkan untuk kesembuhan Insyaa Tuhan sembuh dengan izin dan kasih sayangNya. Bersedekah Apabila Anda Sakit perbanyaklah bederma , dengan niat mendapatkan pahala kebaikan , dan dijadikan jalan untuk menyembuhkan penyakit. Insyaa Tuhan akan sembuh. Istighfar Apabila Anda Sakit Perbanyaklah istighfar untuk bertaubat. Sebab , Nabi Sholallahu '

Inilah Jawaban Bahwa Ridho Suami yaitu Surga Buat Para Istri

Inilah Jawaban Bahwa Ridho Suami yaitu Surga Buat Para Istri . Buat para wanita / istri hargailah suami kalian dan cintailah mereka sebeb ridho seorang suami yaitu surga bagi para istri berikut yaitu beberapa alasannya : Seorang Suami ridha untuk menghabiskan waktunya untuk dapat mencukupi kebutuhan anak-anaknya serta istrinya. Padahal seorang suami tahu disisi Tuhan , engkau lebih harus dihormati tiga kali lebih besar oleh anak-anakmu dibandingkan dirinya. Namun tidak pernah sekalipun ia merasa iri , disebabkan ia mencintaimu dan berharap engkau memang mendapatkan yang lebih baik daripadanya disisi ALLAH , SWT. Seorang Suami dibesarkan oleh ibu yang mencintainya seumur hidup namun ketika cukup umur , ia memilih mencintaimu yang bahkan belum tentu engkau mencintainya seumur hidupmu , bahkan rasa cintanya padamu lebih besar daripada cintanya kepada ibunya sendiri. Bila engkau berbuat maksiat , maka ia akan ikut terseret keneraka karena seorang suami ikut bertanggungjawab ak

karakter muslim

Al-Qur’an serta Hadits yaitu dua pusaka Rasulullah SAW yang perlu senantiasa dirujuk tiap-tiap muslim dalam semua segi kehidupan. Satu dari demikian segi kehidupan yang begitu utama yaitu pembentukan serta pengembangan pribadi muslim. Pribadi muslim yang diinginkan Al-Qur’an serta sunnah yaitu pribadi yang saleh. Pribadi yang sikap, perkataan serta perbuatannya terwarnai oleh nilai-nilai yang datang dari ALLAH SWT. Persepsi atau deskripsi orang-orang mengenai pribadi muslim memanglah tidak sama. Bahkan juga banyak yang pemahamannya sempit hingga seakan-akan pribadi muslim itu tercermin pada orang yang cuma rajin menggerakkan Islam dari segi ubudiyah-nya saja. Walau sebenarnya, itu hanya satu diantara segi saja serta ada banyak segi lain yang perlu menempel pada pribadi seseorang muslim. Apabila disederhanakan, sekurang-kurangnya ada sepuluh ciri-ciri atau ciri khas yang harus menempel pada pribadi muslim. baca selengkapnya  10 karakter muslim